Pengantar Teknologi Informasi #1

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Dibagi menjadi 2, yaitu :
1.       TEKNOLOGI KOMPUTER
·         Cara kerja komputer






                                                                                                                                               

·         Elemen – elemen komputer
-          Perangkat keras (Hardware)
Peralatan bentuk fisik untuk menjalankan komputer
-          Perangkat lunak (Software)
Program yang berisi instruksi/perintah yang dimengerti oleh komputer
-          Sumber daya manusia (Brainware)
Orang yang menggunakan/mengoperasikan komputer
·         Diagram Komputer






                                                                                                                                                     
·         Komputer modern
-          Super computer = jenis komputer paling powerfull, umumnya di gunakan untuk perhitungan ramalan cuaca atau merancang rocket
-          Main frame computer = dapat melayani ratusan hinggu ribuan pengguna, digunakan umumnya sebagai sarana e-comerce
-          Mini computer = Ukurannya lebih kecil dari mainframe dan lebih besar dari PC, Digunakan untuk server jaringan komputer atau server internet
-          Work station = Komputer single-user yang sangat powerful, Umumnya digunakan untuk aplikasi perhitungan kompleks seperti pembuatan animasi komputer
-          Micro computer = Desktop Computer - Tower Computer - Laptop / notebook - Handheld/PDA/Palmtop

2.       TEKNOLOGI KOMUNIKASI
HARDWARE I (PERANGKAT KERAS)

1.       Bagan hardware







                                                                                                                                                                         
2.       Cara kerja hardware








                                                                                                                                                                     
A.      Input device
Perangkat Masukan (Input Device): Perangkat yang memungkinkan pemasukan data dalam sistem komputer. Data dapat berupa : Huruf, Angka, Gambar, Suara, Video hingga gerakan.
Kategori Input Device :
o Pengetikan : Keyboard, ATM
o Gambar : Mouse, Joystick, Scanner, Camera Digital
o Suara :  Microphone
o Video : Video Camera
o Lain-lain : Smart Card
1.       Keyboard
 Keyboard merupakan perangkat pemasukan data yang dapat diproses komputer. Tombol keyboard umumnya terdiri dari :
a)      Tombol Pengetikan
b)      Tombol Angka
c)       Tombol Fungsi
d)      Tombol Kontrol

2.        Mouse
Perangkat penunjuk yang umum digunakan dalam aplikasi gambar. Istilah yang digunakan dalam pemakaian mouse :
a)      Pointing
b)      Clicking
c)       Right Clicking
d)      Double-clicking
e)      Dragging
3.       Peralatan penunjuk
Peralatan yang pemakaiannya sebagai peralatan penunjuk :
a)      Trackball
b)      Pointing Stick
c)       Touchpad
d)      Touch Screen
e)      Joystick
f)       Light Pen


HARDWARE II (PERANGKAT KERAS)

A.      Prosesr device
-          Prosessor = Processor (prosesor/CPU) merupakan unit pengolah atau pemroses data. Hal yang mempengaruhi pemrosesan : Kecepatan clock dinyatakan dalam satuan Hz (AMD, INTEL CYRIX, MOTOROLA)
-          Memory = Memory (memori) digunakan untuk menampung hasil dari CPU.
Memori jenisnya ada 2 :
a.       Memori internal (RAM dan ROM)
        RAM : menyimpan data untuk sementara
 ROM : penyedia informasi pada saat dinyalakan
b.        Memori eksternal (Storage Device)
-          Card =  Sifatnya disesuaikan kebutuhan pengguna.  Jika komponennya menyatu dengan MOBO sifatnya “onboard”.
Umumnya jenis-jenis kartu :
 Kartu grafik (graphic card)
 Kartu suara (sound card)
 Kartu jaringan (Ethernet/LAN card)
-          Motherboard = Papan perangkat elektronik yang menampung semua komponen bagian dalam kotak CPU. Komponen yang didalamnya sifatnya ada yang bisa dilepas dan ada yang tidak bisa dilepas.
Bisa dilepas : CPU, Memory, Tidak bisa dilepas : ROM BIOS
-          System fancooling = Fungsi Utama : “ Unit dalam CPU case tidak mencapai suhu yang tidak diinginkan (kepanasan)”
-           Bentuk fisik ada 2 macam :
Fan : kipas angin.
Heatsink : logam penyerap panas berbentuk sirip



HARDWARE III (PERANGKAT KERAS)

A.      Out device
Perangkat keluaran (Output Device) : Perangkat yang menghasilkan tampilan atau hasil dari pengolahan process device.
 Jenis perangkat keluaran :
1. Softcopy Menghasilkan output dalam bentuk tampilan monitor atau keluaran suara
2. Hardcopy Menghasilkan output berupa bahan cetakan seperti kertas, plastik transparan, microfilm dll.

a)      Monitor
-          Ukuran
       Ukuran panjang secara diagonal.
-          Resolusi
       Resolusi ditentukan dari jumlah pixel (picture element) dari monitor
-          Kedalaman Warna
 Jumlah bit dipakai untuk menentukan banyaknya variasi warna monitor.
-          Kecepatan
       Refresh Jumlah penyegaran monitor sehingga tampilan pixel makin jelas
-          Dot pitch : jarak antara 2 pixel
b)      Speaker
c)       Printer
-          Impact
Memukulkan sekelompok pin (jarum)ke pita.
-           Ink-jet
Menggunakan tinta disemprot ke bagian kertas
-           Laser
Menggunakan toner ditembakkan dengan laser
-          Plotter
Dipakai untuk mencetak kertas yang lebih besar dari printer.


HARDWARE IV (PERANGKAT KERAS)

A.      Storage device
Perangkat Penyimpanan Jenisnya adalah :
-          Floppy Disc  = Media penyimpanan yang berupa piringan magnetik dilapisi plastik.
-          Hard Disc = Media penyimpanan menggunakan lempengan-lempengan logam.
Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan Hard disk :
 Kecepatan Proses Penyimpanan (RPM)
 Kapasitas Penyimpanan (MB/GB)
-          Compact Disc = Compact Disc (CD)/laser optical disc : Lempengan logam yang digunakan untuk menyimpan data. Pembacaan dan penulisan data piringan ditangani melalui laser. Bisa menyimpan data sebesar 600 – 750 MB.
-          Flash Disc = perangkat keras penyimpan file


Share on Google Plus

About All in Here

0 Comment:

Post a Comment